23 Juni 2009

Penguasaan TI Sejak Dini


Usia anak-anak adalah usia emas dimana masih sangat berharga untuk bisa di isi dengan hal-hal yang positif. Perangkat Teknologi Informasi sudah menjadi kebutuhan dasar bagi kehidupan. Pemanfaatan komputer sudah mencakup banyak hal. Segala bidang kerja hampir semuanya memanfaatkan Teknologi Informasi. Tidak terkecuali bidang pendidikan sangat memerlukan TI baik untuk proses manajemen sekolah maupun proses pembelajaran.

Pentingnya Teknologi Informasi bagi kegiatan manusia harus ditangkap sebagai kewajiban lembaga pendidikan memberi bekal kemampuan penguasaan Teknologi Informasi pada peserta didik. Sekolah dasar sebagai bagian lembaga pendidikan paling bawah harus juga punya peran dalam memberikan dasar-dasar penguasaan Teknologi Informasi.

Pelatihan-pelatihan penguasaan Teknologi Informasi harus mulai dikenalkan sejak SD. Pengenalan TI sejak dini memberikan motivasi tersendiri bagi siswa untuk bisa kemudian mengembangkan lebih jauh. Pelatihan-pelatihan yang aplikatif akan membantu peserta didik mengambil manfaat secara langsung dari hasil belajarnya.

Tak kalah dengan Sekolah Dasar yang maju lainnya SD Negeri Mlati 1 memiliki peran juga dalam memberikan bekal penguasaan Teknologi Informasi pada siswa-siswinya. SD Negeri Mlati 1 memiliki beberapa perangkat Teknologi Informasi yang dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memberi pelatihan pada siswa-siswinya.

Program-program belajar yang aplikatif disusun sedemikian rupa supaya siwa-siswinya tidak hanya bisa menguasai Teknologi Informasi tetapi bisa memanfaatkan secara langsung. Pengadaan buletin sekolah adalah salah satu realisasi dari program belajar yang aplikatif. Siswa selain bisa menguasai program-program komputer juga bisa melatih mereka bidang jurnalistik atau kepenulisan. Merekamendapatkan manfaat ganda, Selain bisa komputer juga bisa membuat artikel atau bentuk tulisan lainnya.

Semoga kedepannya bisa lebih dikembangkan lagi menjadi Sekolah Dasar yang berbasis Teknologi Informasi. Cita-cita yang amat tinggi memang, tetapi kita harus punya mimpi apabila kita ingin maju dan berkembang. Dengan didukung keikhlasan bekerja, sarana dan prasarana yang mencukupi cita-cita tersebut bisa terwujud dikemudian hari.


Riyadi Hidayat

Penulis adalah Guru Ekstrakurikuler Komputer di SD Negeri Mlati 1


Tidak ada komentar: